Daerah  

170 Pejabat Eselon III-IV Lingkup Pemda Malaka Dilantik, Bupati Simon Tekankan Harus Disiplin Bekerja


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/jurnalnt/public_html/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 98

Malaka, Mensanews.com– Bupati Malaka Dr Simon Nahak, S.H., M.H., lantik 170 Pejabat Eselon III-IV lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka menekankan harus disiplin dalam bekerja.

“Saya tekankan agar disiplin kerja, profesional serta menjaga integritas moral karena tanpa hal-hal tersebut visi kedepan memajukan Malaka tidak akan tercapai. Untuk itu semua aparatur negara harus bekerja sungguh-sungguh sesuai aturan yang berlaku.” tegas Bupati Simon

Pelantikan 170 pejabat eselon III dan IV lingkup Pemda Malaka ini diambil sumpah jabatan dan pelantikan/pengukuhan pejabat struktur dari dan dalam jabatan oleh Bupati Simon di aula kantor bupati Malaka, Jumat (12/11/2021)

Menurutnya jabatan yang sudah dipercayakan harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Ini amanah sehingga jangan kita sudah percayakan lalu mulai kasak kusuk. Saya paling tidak suka. Jabatan yang diberikan itupun tidak karena menyerahkan uang kepada saya tapi ini dilihat dari kualitas dan kemampuan.

Kepala Daerah Kabupaten Malaka ini juga mengkritisi soal keterampilan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipercayakan sebagai pimpinan di organisasi perangkat daerah. Harus bisa menguasai IT dalam hal ini komputer.

“Saya akan turun cek di dinas-dinas apakah mampu menguasai IT atau tidak. Jangan komputer tidak bisa kuasai sementara urus Handphone (HP) bisa. Kalau yang seperti ini, sudah dipercayakan tapi tidak bisa apa-apa maka tidak akan bertahan lama,” kata Simon.

Dirinya juga menyoroti soal etika moral dari seorang aparatur negara. Bupati mengilustrasikan seperti orang sedang buang air kecil (kencing). Ia meminta agar jangan berbuat hal yang melawan moral.

“Ini saya perlu sampaikan karena hampir setiap hari saya menerima pengaduan, pengeluhan soal tindakan amoral. Mari kita jaga budaya, adat kesopanan kita,” tandas mantan Ketua Menwa di Universitas Warmadewa, Bali ini.

Adapun para pejabat yang dilantik ini selain tetap menempati jabatan sebelumnya tapi ada sebagian dimutasi juga dipromosikan. Para Kepala Bagian (Kabag) lingkup Setda Malaka semuanya masih bertahan dan dikukuhkan kembali.

Bupati Simon juga menekankan bahwa pemerintahan di Malaka cuma satu Bupati yaitu Simon Nahak. Jangan lalu muncul ada bupati-bupati lain.

“Saya tegaskan lagi bahwa SK pelantikan dan pengukuhan ini tidak absolut, tidak kekal. Jadilah pemimpin jangan sombong harus beretika dan berbudaya. kerja disiplin bangun kerjasama. Tetap loyalitas jangan kasak kusuk. Mari kita bangun Malaka dengan kerja nyata tidak dengan mulut,” pesan Simon

Turut hadir dalam acara pelantikan mendampingi Bupati Simon Nahak yakni Wakil Ketua II DPRD Malaka, Hendrik Fahik dihadiri pula para rohaniawan, Kapolres Malaka, Pejabat Koramil Betun, Pimpinan Cabang Bank NTT Betun dan para pejabat eselon II Lingkup Pemda Malaka.( Oll)