ASN Setda Kabupaten Kupang Berbagi Kasih dengan Anak-Anak Stunting di Nekamese

Staf Ahli Bupati Kupang, Marten Rahakbaw, sedang menyerahkan telur kepada anak-anak stunting. Foto : Prokopim Kab.Kupang.

Oelamasi, jurnal-NTT.com -Mendukung Gerakan Orang Tua Asuh dalam penanganan stunting di Kabupaten Kupang, Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kupang, termasuk Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kupang berbagi kasih dengan anak-anak stunting di Kecamatan Nekamese tepatnya di Desa Oelomin, Selasa (13/06-2023).

Staf Ahli Bupati Kupang Marthen Rahakbauw dalam sambutannya menyatakan Pemkab Kupang gencar berupaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang. Salah satu program yang dicanangkan oleh Bupati Kupang ialah gerakan orang tua asuh oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bahkan berkolaborasi dengan TNI-Polri.

“Semoga dengan kerja kolaborasi lintas sektor ini mampu menurunkan angka stunting di kab. Kupang. Dimana, menurut presentasi tingkat nasional tahun 2024, kab. Kupang harus mencapai 9,3% dengan target bulan Agustus tahun ini bisa mencapai 11%”, ujar Staf Ahli Bupati Kupang Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Marthen Rahakbaw.

Jika dilihat, potensi sumber daya alam yang ada di Kecamatan Nekamese ini cukup besar. Karena itu, melalui camat, kades hingga plkb serta tenaga gizi, Marthen berpesan untuk terus berkolaborasi bersama pemerintah dan TNI/Polri dalam menanggulangi stunting di kab. Kupang, khususnya di kec. Nekamese. Ini masih tahap pertama, dan akan ada tahap-tahap selanjutnya. Bantuan ini akan diberikan tepat sasaran.

Dengan jumlah pegawai serta TNI/Polri sebanyak 275 orang di kec. Nekamese, jika dibagi dengan baik maka masing-masing anak stunting disini memiliki orangtua asuh.

Besar harapan agar stunting disini bisa turun, yang kemarinnya 20an persen kini bisa menjadi belasan persen kiranya tahun depan bisa mencapai nol persen. “Semua dari pola asuh serta pola asupan anak-anak kita. Pemberian ASI juga harus ekslusif dan perlu diperhatikan. Tahap berikutnya kita akan langsung datang ke pustu”, tutupnya.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dr Gerakan Orangtua Asuh kepada 43 anak stunting di kec. Nekamese.

Turut hadir, Staf Ahli Bupati Kupang Bidang Kemasyarakatan dan SDM Paulinus Ati, Asisten Administrasi Umum Novita Foenay, para Kabag lingkup Setda kab. Kupang diantaranya Kabag Umum Jon Sula, Kabag Hukum Jane Paoh, Kabag Perencanaan Yared Tamoes, Kabag PBJ Mess Foeh, Kabag Administrasi Pembangunan Paul Liu, Kabag Otda Eli Teuf, Kabag Ekonomi Joppy Nau, Camat Nekamese Josua Bora’a dan Kades Oelomin Yeheskial Ablelo dan 43 anak stunting didampingi para orangtua.

Sumber : Prokopim Kabupaten Kupang