Daftar di PKB Sebagai Bacabup Kupang, Ini Kata Jerry Manafe Soal Revolusi 5P, Tembang Galian C dan DOB Amfoang

BERITA, Daerah, POLITIK2 Dilihat

Oelamasi, jurnal-NTT.com – Bakal calon (Bacabup) Bupati Kupang, Jerry Manafe, SH.,M.Th, merespon pertanyaan wartawan terkait program Revolusi 5P yang merupakan visi-misi yang dijalankan oleh dirinya sebagai Wakil Bupati Kupang dan Korinus Masneno sebagai Bupati Kupang periode 2019/2024.

Penyataan Jerry terkait Program Revolusi 5P tersebut disampaikan dalam sesi jumpa pers, usai mendaftar sebagai bakal calon bupati Kupang periode 2024/2029 di Sekretariat DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupeten Kupang, Jln.Tomor Raya, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Jerry mengatakan, minimnya keberhasilan program revolusi 5P yang direalisasikan oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno dan dirinya sebagai Wakil Bupati Kupang periode 2019/2024 merupakan kelemahan Pemerintah Kabupeten Kupang yang di dalamnya terdapat bupati dan wakil bupati.

“Saya tidak bilang hanya bupati atau wakil bupati. Dari rumah tangga itu kalau ada anak berarti dia ada bapak dan mama. Tidak mungkin anak ada dan tidak ada orang tua. Kalau dia ada anak tapi tidak ada mama berarti itu dia anak asuh”, jelas Jerry yang menganalogikan pertanggungjawaban realisasi program revolusi 5P.

Menurut politisi Partai Golkar ini, Revolusi 5P perlu ditingkatkan lagi dengan bekerja lebih sungguh dan lebih terarah.

Salah satu kendala dalam realisasi revolusi 5P kata Jerry adalah kelangkaan pupuk. Kelangkaan pupuk tersebut merupakan bukti bahwa Organisasi Satuan Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kupang belum searah dalam menangani persoalan kelangkaan pupuk ini.

Kendala lain menurutnya, 160 desa dan 17 kelurahan di Kabupaten Kupang belum memahami secara benar tentang program revolusi 5P yang dijalankan oleh Pemkab Kupang.

“Ditanya (kepala desa dan lurah) tentang revolusi 5P saja mereka tidak mengerti. Bagaimana kita (pemerintah) bisa sejalan”? ujarnya.

Selain program revolusi 5P, Jerry juga menyoroti soal aktivitas tambang galian C di wilayah Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang. Menurutnya, banyak perusahaan penambang galian C di wilayah Pariti yang tidak mengantongi izin.

Ia mengaku pernah meninjau langsung aktivitas pertambangan bahan galian C di kali Noelbiboko, yang terletak di wilayah Pariti. Hasil pengamatannya di lapangan, beberapa pengusaha yang
yang memiliki izin tambang melakukan penambangan melampaui area batas yang diizinkan.

Pelanggaran izin tambang itu menurutnya, jelas melanggar dan menyebabkan terjadi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Akibat banyaknya tambang galian C ilegal tersebut lanjutnya telah menyebabkan bencana banjir bandang di wilayah Pariti saat musim hujan. Banjir bandang yang terjadi akibat aktivitas penambangan liar itu telah merusak jalan, jembatan dan rumah warga.

Namun menurutnya, kewenangannya sebagai wakil bupati kala itu sangat terbatas. Wakil bupati lanjutnya hanyalah seorang pembantu bupati yang memiliki fungsi pengawasan. Terkait aktivitas penambangan liar di Pariti tersebut katanya, merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi NTT.

“Terkait pencabutan izin tambang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi NTT. Saya hanya menjalankan fungsi pengawasan sebagai wakil bupati,” jelasnya.

Ia berharap Pemerintah Provinsi NTT menertibkan perusahaan nakal yang melakukan aktivitas tanpa izin. Selain itu, aktivitas penambangan galian C harus sesuai dengan batas area yang telah ditentukan sesuai izin tambang.

Sementara terkait upaya Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Amfoang, Jerry mengaku memiliki sejumlah strategi jitu yang nanti disampaikannya saat berkampanye sebagai calon bupati Kupang.

Jerry mengaku telah belajar banyak hal dari I.A. Medah sebagai mantan bupati Kupang, yang sukses memekarkan sejumlah DOB seperti Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua dan Kota Madya Kupang.

Jerry yang pernah menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kabupaten Kupang, periode 2014/2019 ini juga menyoroti program pariwisata.

Ia mengatakan, program pariwisata harus terus ditingkatkan. Pembangunan sarana prasarana penunjang di tempat pariwisata perlu dilakukan agar bisa menarik kunjungan wisata dan meningkatkan PAD.

Sementara terkait pendaftarannya sebagai bakal calon bupati di PKB, Jerry mengaku yakin akan didukung oleh PKB.

Menurut Jerry, ia memiliki hubungan emosional dengan sosok pengurus DPC PKB Kabupaten Kupang. Sebab Ketua dan Sekretaris DPC PKB Kabupaten Kupang merupakan sahabatnya ketika ia masih menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Kupang.

Ia juga sangat mengenal wakil ketua DPC PKB Kabupaten Kupang. Sebab ia lahir di wilayah Amarasi Barat, yang merupakan daerah asal wakil ketua DPC PKB Kabupaten Kupang.

Bahkan lanjutnya, kediamannya berada dalam lingkungan Sekretariat DPC PKB Kabupaten Kupang dan bertetangga dengan Ketua DPC Kabupaten Kupang, Yakobus Klau.

“Saya ini anak desa Mata Air. Sekretariat PKB ada di Desa Mata Air. Jadi itu namanya akamsi (anak kampung sini). Dan wajib hukumnya mendaftar di PKB”, ujarnya.

Menurut Jerry, DPC PKB Kabupaten Kupang memiliki tiga kursi di DPRD Kabupaten Kupang yang merupakan keterwakilan dari tiga daerah pemilihan. Sebab itu, PKB memiliki peran penting dalam kancah perpolitikan di Kabupaten Kupang.

Wakil Bupati Kupang, periode 2019/2024 ini yakin PKB akan merekomendasikan dukungan kepada dirinya sebagai calon bupati Kupang periode 2024/2029.

Sementara itu, Sekretariat DPC PKB Kabupaten Kupang, Ferdy Teuf, mengatakan, semua bakal calon bupati Kupang yang mendaftarkan diri di DPC PKB Kabupaten Kupang akan direkomendasikan ke DPW DPC PKB NTT dan selanjutnya akan direkomendasikan ke DPP PKB.

“Keputusan tetap ada di DPP. Kita hanya sebatas merekomendasikan setiap bakal calon bupati yang mendaftar di DPC PKB”, ungkapnya.

Ia mengatakan, bakal calon bupati Kupang yang akan direkomendasikan ke DPW PKB NTT adalah bakal calon yang telah mendaftar dan telah melengkapi syarat administrasi yang ditetapkan PKB.

Ketua Desk Pilkada Kabupaten Kupang, Oktovianus Lakat mengatakan, rekam jejak dari para bakal calon bupati Kupang akan menjadi salah satu pertimbangan sebelum direkomendasikan ke DPW PKB NTT.

Selain rekam jejak, para bakal calon juga harus memenuhi semua syarat pendaftaran yang ditetapkan, termasuk visi-misi bakal calon bupati Kupang.

Pantauan media ini, kedatangan Jerry Manafe ke Sekretariat DPC PKB Kabupaten Kupang, disambut Ketua DPC PKB Kabupaten Kupang, Yakobus Klau, Sekretaris DPC PKB Kabupeten Kupang, Ferdy Teuf, Ketua Desk Pilkada Kabupaten Kupang, Oktovianus Lakat dan Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Kupang, Yonas Rasi dan Arnolus Mooy.

Untuk diketahui, Jerry Manafe merupakan calon bupati tunggal yang diusung Partai Golkar dengan lima kursi parlemen. Hingga saat ini, Jerry telah mendaftar di sejumlah partai politik di antaranya, PKB, Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *