HUKRIM  

Diduga Posting Hoax Terkait Corona, Polisi Lidik Akun Facebook Paulus Jobul Apin


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/jurnalnt/public_html/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 98

Betun,JurnalNTT.Com – Aparat Polres Kabupaten Malaka akan segera melakukan penyelidikan atas postingan dari pemilik akun facebook Paulus Jobul Apin karena diduga memosting pernyataan hoax terkait virus corona atau covid-19. Postingan itu saat ini sedang viral di grup facebook Pilkada Malaka 2015.
Kasat Reskrim Polres Kabupaten Malaka, Iptu Yusuf ketika dimintai komentarnya terkait postingan tersebut, Jumat (3/4/2020) malam mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan atas postingan yang diduga meresahkan masyarakat Kabupaten Malaka tersebut.
Yusuf mengaku baru melihat postingan itu.
“Iya…nanti kami selidiki kasus ini…sy baru lihat”, ujarnya singkat melalui pesan aplikasi WhatsApp.
Iptu Yusuf juga mengatakan akan segera memanggil pemilik akun facebook Paulus Jobul Apin untuk dimintai keterangannya.
Pantauan media ini di grup facebook Pilkada Malaka 2015, pemilik akun facebook Paulus Jobul Apin memosting pernyataan terkait virus corona atau covid-19.
“Akhirñya Malaka Tenang, AMAN, DINGIN dan Damai Sejahterah.. Selamat Jaĺan dañ pergilah jauh-jauh Corona Covid 19: Krn Eñgķau Selalu Menghantui Kami.. Ďoa kami: Semogà Eñgkau tdk ķembali làgi dàn tenang di Alàm Mu.!! dan jgn ganggu kebersamaan KAMI.!!! “, demikian postingan Paulus Jobul Apin.
Sontak postingan itu mendapat beragam tanggapan dari netizen di grup facebook Pilkada Malaka 2015.
“maksud bpk apa? memangx dimalaka sudah ada yg meninggal krn covid-19??? hati2 pak.penyebar isu hoax covid akan dikenai pasal,” demikian komentar pemilik akun facebook Wilfrida.
“Apakh slma ne ada corona di Malaka jdi hrus blang slmat jlan,, org tdak pnya hti nurani”, komentar pemilik akun facebook Nanny Iku.
“Paulus Jobul Apin memangnya Covid-19 sudah pernah ada di Malaka dan baru saja pergi meninggalkan Malaka ? Covid-19 belum pernah ada di NTT na trus selamat jalan itu untuk Siapa ? Jangan sampai saya tau ada tujuan lain dri status ini yaa”, komentar akun facebook Into Langoday”.
Akun facebook Anarky Kaisar Malaka, berkomentar berbeda.
“Sy rasa biasa2 saja. Dlm postingan ini org mendoakan agar ini penyakit menjauh dr malaka kok.kalian yg tersinggung”, ujarnya.
Menanggapi komentar netizen atas postingannya, pemilik akun facebook Paulus Jobul Apin menegaskan tidak akan menghapus postingannya itu.
“Selamat pgi ķpd sďra dañ sdriku, status hinggah detiķ ini sy tdk hapus krn s/d saat iñi sy merasà tdk ada yg salah dr status sy, dan status sy tdk menghina, meñcaci màki, menyindir ďan apaĺagi HOAX.. Kenyataànx Çorona Covid 19 mmg beñar aďa dàn sy sbgai màsyraķat berusaha dan bermaķsud utķ menjauhi virus corona itu, dgn harapan dpt meñghibur klrga dàn sàhabat2 sy.. Dan jika dlm status sy ada yg sàlah menurut sdra dan sdriku, sy pribadi mohon Maaf yģ sebesar-besarx dan sy juga sdh siap dgn segala resiko yg àkan sdra-sdriku tempu.. Sekali lg secara pribadi sy minta maaf,, jika status sy benàr2 salah menurut sdra-sdriku.. Trima ksih”, ujarnya. (epy)