DPD PSI Kabupaten Kupang Target Rebut Kursi Pimpinan DPRD

BERITA, Daerah, POLITIK6 Dilihat

Oelamasi, jurnal-NTT.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Kupang siap meraih satu fraksi dan kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang pada Pemilu Legislatif tahun 2024 yang akan datang.

Komitmen ini disampaikan Ketua DPD PSI Kabupaten Kupang, David Daud kepada media ini, Rabu (15/03/2023).

Menurut David yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kupang ini, optimisme untuk meraih kursi pimpinan DPRD Kabupaten Kupang tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin. Optimisme itu didasarkan pada kerja-kerja politik DPD PSI Kabupaten Kupang yang selama ini terus gencar dilakukan.

Ia mengatakan, DPD PSI Kabupaten Kupang terus melakukan konsolidasi baik secara internal partai maupun bersama masyarakat akar rumput.

Selain itu, lanjutnya, optimisme DPD PSI Kabupaten Kupang untuk meraih satu fraksi dan kursi pimpinan DPRD Kabupaten Kupang pada Pileg 2024 sangat terbuka lebar. Sebab komposisi struktur partai mulai dari DPD hingga DPC (Dewan Pimpinn Cabang) PSI Kabupaten Kupang di 24 kecamatan solid bergerak untuk memenangkan Pileg 2024 di Kabupaten Kupang.

Ia juga optimis bisa meraih satu fraksi di DPRD karena figur-figur yang mendaftar sebagai Bacaleg di DPD PSI Kabupaten Kupang untuk bertarung pada Pileg 2024 adalah figur-figur berkompeten yang siap memboyong kursi dari daerah pemilihan masing-masing.

Saat ini kata David, sudah ada 65 orang lebih dari empat daerah pemilihan yang mendaftar sebagai Bacaleg di DPD PSI Kabupaten Kupang. Sesuai mekanisme partai, 65 lebih Bacaleg yang mendaftar sebagai Bacaleg tersebut akan disaring lagi melalui fit and proper test sebelum ditetapkan menjadi Caleg.

Tujuan fit and proper test itu adalah agar DPD PSI Kabupaten Kupang mendapatkan kader-kader PSI yang militan, berkarakter baik dan memiliki kompetensi yang cukup. Sehingga setelah terpilih menjadi anggota legislatif nanti, diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal dalam menjalankan fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi di lembaga DPRD Kabupaten Kupang.

Sesuai mekanisme partai lanjutnya, fit and proper test bagi Bacaleg PSI itu akan dilakukan secara terbuka. Fit and proper test itu akan dilakukan oleh penguji dari perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), lembaga perlindungan perempuan dan anak serta lembaga lain yang berkompeten.

Hasil fit and proper test itu akan dikirim ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi NTT dan Dewan Pimpinan Nasional PSI di Jakarta. Hasil test itu akan menjadi rujukan penetapan Bacaleg menjadi Caleg PSI untuk bertarung pada Pemilu Legislatif 2024 uang akan datang.

“Sampai saat ini sudah ada 65 orang yang mendaftar sebagai Bacaleg di DPD PSI Kabupaten Kupang. Akhir April 2023 nanti DPD PSI akan melakukan fit and proper test atau ujian. Hasil ujian itu yang akan menjadi rujukan penetapan Bacaleg menjadi Caleg”, ujar David.

Ia juga mengatakan, sesuai arahan Wakil Ketua Dewan Pembina DPN PSI, Grace Natali maka pendaftaran Bacaleg Partai PSI di DPD, DPW dan DPN terus dibuka. Sebab semakin banyak orang yang mendaftar sebagai Bacaleg maka peluang untuk mendapatkan figur Caleg yang berkompeten akan terbuka lebar. (epy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *