BERITA  

Edukasi Masyarakat, Bupati Malaka Datangi Posko Covid Lamea

Betun,jurnal-NTT.com -Kedatangan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., bersama rombongan di posko Covid-19 Lamea yang letaknya di Daerah Perbatasan Kabupaten Malaka dan Kabupaten TTS, memberikan edukasi agar semua masyarakat yang masuk ke Kabupaten Malaka, harus di tes suhu tubuhnya terlebih dahulu, guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

“Saya memberikan edukasi covid-19 di daerah perbatasan Malaka dan TTS, sehingga semua masyarakat yang masuk ke Malaka harus dites suhu tubuh, dan kalau suhunya tinggi langsung di swab, sebagaimana salah satu warga TTS yang masuk Malaka diswab oleh dokter karena suhunya tinggi” ungkap Bupati Simon melalui pesan whatsApp kepada media ini, saat berada di Posko Covid, Desa Lamea, kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Rabu (18/08/2021)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka di bawah kepemimpinan Bupati, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., dan Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin, S.Sos dalam percepatan penanganan Covid-19 terus dilaksanakan upaya-upaya preventif sebagai solusi mengatasi penyebaran Covid-19.

“Karena upaya pencegahan  penyakit menular seperti COVID-19 bersifat multidimensi. Setiap  pencegahan satu kasus, akan berperan besar menekan meluasnya penularan. Upaya preventif tidak hanya dengan menghimbau warga agar taat protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, tetapi juga melakukan edukasi setiap saat, kapan saja dan dimana saja”, ungkap Bupati Simon

Lanjut Bupati Simon, contoh riil soal edukasi yakni ketika di tengah perjalanan, tepatnya di ruas jalan Pasar Mingguan Bestaek di Desa Umalawain Kecamatan Weliman, saat ditemukan warga yang berdatangan untuk berbelanja di pasar tidak mengenakan masker.

Seketika itu juga mobil dinas jabatan yang ditumpangi segera saya hentikan.

“Saya turun dari mobil dan bergegas menuju warga baik yang menjajakan barang jualan maupun yang berbelanja. Menyapa warga, memberi salam dan tegur sapa dengan begitu akrab. “Selamat pagi, bapak-mama. Pakai masker, yah,” demikian kata Bupati Simon saat menemui warganya untuk mengedukasi taat Prokes Covid-19.

Bupati Simon juga mengatakan kehadirannya untuk memantau aktivitas petugas posko sekaligus mengecek ketersediaan kebutuhan posko guna melayani masyarakat dalam kaitan dengan pencegahan wabah virus berbahaya tersebut.

“Saya sudah berulangkali mendatangi Posko Covid-19 Lamea ini karena letaknya berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kunjungan ke Posko Lamea dilakukan dalam rangka memantau kegiatan dan mengetahui kebutuhan posko”, tegas Bupati Simon.

Faktanya, apa yang dilakukan Bupati Simon di Pasar Bestaek bukan untuk pertama kalinya. Sebelumnya, Bupati Simon melakukan hal yang sama di Pasar Harian Weoe Kecamatan Wewiku ketika mengunjungi orang tuanya di Desa Weulun.