Mahasiswa KKN UCB Hadirkan Pos Baca di Desa Naukae

Soe, jurnal-NTT.com – Mahasiswa Universitas Citra Bangsa (UCB) yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Naukae, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur berinisiatif menghadirkan Pos Baca di desa itu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak-anak didik, baik yang ada di bangku sekolah dasar (SD) maupun yang ada di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

“Kebetulan di desa ini (Naukae) ada dua jenjang pendidikan, yaitu SD dan SMP, jadi kita inisiatif bikin pos baca, biar anak-anak bisa gunakan waktu luang untuk membaca. Minat baca anak-anak masih minim sekali karena tidak didukung dengan sarana prasarana yang memadai,” kata salah seorang mahasiswa KKN UCB Miriam Ataupah kepada media ini di Desa Naukae, Kamis (24/2/2022).

Dijelaskannya, tujuan diadakannya Pos Baca Anak semata-mata untuk menambah wawasan anak-anak sekaligus melatih mereka dalam membaca, meningkatkan pengetahuan kosakata, serta membimbing mereka untuk bisa membaca dan menulis dengan baik dan benar.

“Anak-anak yang kita tuntun untuk bisa membaca dan menulis adalah siswa SDK Yaswari Naukae kelas satu sampai kelas enam. Sedangkan, para siswa SMPK Yaswari kita dorong untuk selalu rajin membaca,” ucapnya.

Kepala Sekolah SDK Yaswari Naukae Hieronimus Tio Faot, S.Pd mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN UCB yang telah menghadirkan Pos Baca Anak di Desa Baukae.

“Dengan adanya Pos Baca ini, anak-anak didik bisa belajar membaca, membedakan huruf, dan juga dapat mengetahui banyak perhitungan dalam matematika. Sekiranya, Pos Baca ini terus menambah minat anak-anak dalam belajar, seperti membaca, menulis, berhitung, dan lainnya,” harapnya.
Sementara itu, Darius Yonatan Nama, S.Pd., M.TESOL, salah satu dosen pendamping mahasiswa KKN UCB, mengungkapkan Pos Baca Anak tersebut dihadirkan sebagai upaya untuk meningkatkan kecakapan literasi anak-anak didik, seperti membaca, menulis, berhitung, dan lainnya.

“Kita berharap agar dengan dibukanya kegiatan Pos Baca Anak itu, dapat meningkatkan antusiasme anak-anak dalam belajar. Metode yang diterapakan pada Pos Baca itu adalah bermain sambil belajar, jadi anak-anak tidak akan bosan dalam belajar,” ungkapnya. (tim)