Melampaui Quota, Bacaleg PSI Malaka Akan Diseleksi Melalui Fit and Proper Test

Ketua DPD PSI Kabupaten Malaka, Marianus Fatin

Betun, jurnal-NTT.com – Bakal calon Anggota legislatif (Bacaleg) Kabupaten Malaka yang mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Malaka akan diseleksi melalui fit and proper test. Hasil fit and proper test itu akan menjadi acuan penetapan Bacaleg menjadi calon legislatif (Caleg).

Demikian disampaikan Ketua DPD PSI Kabupaten Malaka, Marianus Fatin kepada media ini, Jumat (24/03/2023).

Menurutnya, sampai saat ini, jumlah Bacaleg yang mendaftar di DPD PSI Kabupaten Malaka sudah melampaui quota. Ada Bacaleg yang mendaftar secara online dan ada juga yang mendaftar secara offline.

Karena Bacaleg yang mendaftar di tiga daerah pemilihan melampaui quota Caleg yang dibutuhkan maka sesuai kebijakan partai, akan dilakukan fit and proper test.

Fit and proper test tersebut akan dilaksanakan pada akhir bulan April atau awal bulan Mei 2023. Hasil fit proper test itu akan menjadi dasar penetapan Bacaleg menjadi Caleg.

Menurut Marianus, materi yang akan diuji adalah soal wawasan kebangsaan, tugas pokok dan fungsi anggota DPRD serta materi terkait lainnya..

Hasil fit and proper test tersebut akan dikirim ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi NTT dan selanjutnya dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI untuk dinilai dan ditetapkan sebagai Caleg. (epy)