Polling Online Strawpoll Tempatkan Yosef Lede Sebagai Bacabup Kupang Terfavorit

Anggota DPRD Provinsi NTT terpilih, Yosef Lede, SH. Foto:istimewa

Oelamasi, jurnal-NTT. Com – Polling online Strawpoll menempatkan Yosef Lede sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati (Bacabup) Kupang terfavorit. Dalam polling online tersebut Yosef Lede meraih 56,52 persen suara.

Pantauan media ini, Rabu (06/03/2023), Strawpoll menyajikan sejumlah nama Bacabup seperti Yosef Lede, Korinus Masneno, Jerry Manafe, Silvester Banfatin, Anton Natun, Melki Buraen, Nelson Matara dan Roby Manoh.

Polling online dilaksanakan selama lima hari dan berakhir pada Rabu (06/03/2024).

Pertanyaan yang diajukan dalam polling online tersebut adalah “Siapakah Calon Bupati Kupang 2024 – 2029 Pilihan Anda”?

Hingga hari kelima polling online itu ditutup, Yosef Lede meraih angka tertinggi yakni 56,52 persen atau 743 votes. Sementara Korinus Masneno sebagai Balon Bupati petahana meraih 14,56 persen atau 193 votes, Jerry Manafe meraih 9,8 persen atau 130 votes, Anton Natun meraih 8,14 persen atau 108 votes, Melki Buraen meraih 6,26 persen atau 83 votes.

Sedangkan Silvester Banfatin meraih 2,41 persen atau 32 votes, Nelson Matara meraih 1,96 persen atau 26 votes dan Roby Manoh meraih 0,83 persen atau 11 votes.

Kemenangan Yosef Lede dalam polling online tersebut ditanggapi Pengamat Politik Universitas Nusa Cendana Kupang, Yeftha Yerianto Sabaat, S.IP.,M.IP,.

Menurut Yeftha, Yosef Lede merupakan representasi pemuda dalam kancah politik NTT dan terkhusus Kabupaten Kupang dengan basis massa yang kuat.

Menurut Yeftha, jika Yosef Lede benar-benar ingin maju sebagai Balon Bupati Kupang maka Yosef Lede berpeluang besar untuk menang. Sebab Yosef Lede memiliki pengalaman sebagai anggota legislatif selama tiga periode. Bahkan Yosef Lede pernah menjadi Ketua DPRD Kabupaten Kupang periode 2014/2019.

Bahkan pada Pemilu Legislatif, 14 Februari 2024 yang lalu, Yosef Lede terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi NTT dengan meraih suara tertinggi yakni 13.000 lebih.

“Beliau (Yosef Lede) punya pengalaman legislatif yang cukup baik. Mulai dari sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kupang hingga pernah memimpin DPRD pada periode 2014-2019. Tahun ini maju sebagai calon DPRD Provinsi NTT raih suara cukup signifikan yakni 13 ribu lebih. Artinya secara pengalaman kakanda Yosef Lede sudah tidak diragukan lagi. Kalau maju saya yakin poros muda akan secara sukarela bekerja guna memenangkan beliau,” ungkapnya.

Yeftha Sabaat juga menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki elektabilitas tinggi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tentu bukan hal mudah, apalagi bersanding dengan para petahana seperti Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Menurut Yeftha, elektabilitas yang diraih Yosef Lede merupakan buah dari kerja keras, kerja jujur dalam melayani masyarakat. Menjadi politisi muda yang punya nama besar di menit akhir menjelang Pilkada tentu bukan hal gampang. Berjalan dan berjuang tanpa kenal lelah, bahkan selalu memang pada setiap kontestasi politik yang diikuti, menjadi pertimbangan tersendiri.

“Tentu apa yang saat ini diperoleh sudah menjadi jawaban bagi perjalanan panjang perjuangan kakanda Yosef Lede. Suara kebanyakan datang dari lumbung Kabupaten Kupang. Ini jadi catatan penting jika kemudian memilih untuk maju bertarung pada Pilkada nanti. Walaupun hasil perolehan suara juga masih perlu bekerja menggaet suara di daerah lain,” jelasnya.

Sekretaris KNPI Kabupaten Kupang ini menambahkan bahwa pengaruh sosok Yosef Lede di beberapa kecamatan di Kabupaten Kupang sangat tinggi, seperti Nekamese, Kupang Timur dan Takari. Artinya bahwa peran Yosef Lede bagi Gerindra juga cukup besar, tidak akan heran jika kemudian Gerindra mengusulkan Yosef Lede sebagai Balon Bupati Kupang periode 2024-2029.

“Gerindra kali pasti punya banyak pilihan, salah satunya kakanda Yosef Lede. Saya yakin Gerindra akan memilih kader yang tepat dan bergeraknya mesin politik yang tidak main-main. Popularitas kanda Yosef Lede di mata masyarakat Kabupaten Kupang saat ini semakin tinggi dan dipercaya sebagai figur yang dekat dengan masyarakat dan mampu membawa banyak perubahan di masyarakat walaupun dari kursi legislatif,” ujar Yeftha.

Selain itu, Yosef Lede juga sebagai Ketua KNPI Kabupaten Kupang mampu merangkul anak muda dan menarik suara anak muda pada pemilu 2024 ini. Solidnya tim kerja dan relawan bermuara pada tingginya elektabilitas sebagai calon kepala daerah.

“Pada intinya jika maju bertarung maka akan menjadi lawan yang diperhitungkan. Jika lawan salah mengatur strategi dan kekuatan maka kakanda Yosef Lede bisa memenangkan pertarungan. Apalagi hadirnya kakanda Yosef Lede bisa menjadi alternatif pilihan bagi kaum muda yang ingin merasakan atmosfer berbeda pada Pilkada Kabupaten Kupang kali ini.

Penentuan kemenangan ada di tangan anak muda. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi pasca selesai masa jabatan dari Korinus Masneno dan Jerry Manafe,” tandasnya. (epy)