BERITA  

Program Vaccine Goes to School Dilaksanakan di Tingkat Kecamatan

Betun,jurnal-NTT.com -Program Vaccine Goes to School yang dilaunching di SMA Plus Santo Albertus Agung Weleun beberapa pekan lalu, bukan hanya dilakukan di sekolah-sekolah, tetapi juga sampai ke kecamatan di Kabupaten Malaka.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malaka, drg. Maria Martina Nahak, M.Biomed mengatakan akan terus bergerak menyasar ke Sekolah-sekolah sesuai jadwal yang sudah dikeluarkan dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Hari ini kami langsung turun lagi ke sekolah yang lain untuk memberikan vaksin kepada para siswa sesuai program yang sudah kita canangkan yakni vaccine goes to school,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK kepada wartawan di sela-sela pemberian vaksin kepada para siswa SMP Sabar Subur Betun, Senin (20/9/2021).

Maria Martina Nahak mejelaskan kegiatan seperti ini dilakukan agar seluruh masyarakat di Kabupaten Malaka termasuk anak sekolah yang berusia 12-17 tahun mendapat imun tubuh yang kuat sehingga terhindar dari penyebaran covid-19.

“Program seperti ini kita galakkan agar masyarakat memperoleh herd immunity dan sesuai dengan target, sampai dengan akhir November 2021 sudah mencapai 70 persen,” tandasnya.

Lanjutnya, setelah vaksinasi yang dilakukan di sekolah-sekolah di pusat kota Betun sudah selesai, maka akan dilanjutkan ke Setiap kecamatan.

“Yang pastinya semua sekolah akan kita datangi dan berikan vaksin, termasuk sekolah yang ada di kecamatan, dengan melihat jadwal dan perkembangan,” ujar drg Maria.

Selain sekolah, Maria Martina Nahak menyebutkan program TP PKK Kabupaten Malaka yang lain adalah menyasar ibu hamil dan ibu menyusui, seiring dengan pemberian vaksin kepada anak sekolah.

“Kita juga akan menyasar ibu hamil dan ibu menyusui yang ada di kabupaten malaka sehingga memperoleh vaksin dalam upaya menangkal penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Sabar Subur Betun, Rikhardus Siki pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Ketua TP PKK Malaka bersama anggota serta tim medis Puskesmas Betun yang datang langsung ke sekolah untuk memberikan vaksin kepada para siswa.

“Kami sangat senang dengan program ini sehingga para siswa memperoleh vaksin dan kami sudah bisa sekolah tatap muka seperti sedia kala,” akunya sambil menambahkan, para siswa yang akan divaksin sejumlah 218 orang dari kelas IX.

Seperti disaksikan, usai memberikan pengarahan kepada para siswa, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malaka juga melakukan screening dan bertindak sebagai vaksinator secara simbolis kepada 2 orang siswa SMP Sabar Subur Betun.

Setelah divaksin, para siswa menerima vitamin dan masker.

Sumber : KominfoMalaka