BERITA  

Uskup Atambua Ingatkan Umat Katolik Agar Mampu Melihat Nilai-Nilai Kebaikan yang Diterima Dalam Hidup

Betun,jurnal-NTT.com – “Disamping nilai kebaikan pasti juga ada pengalaman pahit, khawatir, cemas yang pernah dialami,” Ungkap Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr saat membawakan homili pada acara Pemberkatan Rumah Sehat Santo Andreas dan Klinik Pratama Santo Antonius Betun, Sabtu (4/12/2021) di Kompleks Susteran SSpS Betun.

Uskup Mgr. Dominikus mengingatkan kepada seluruh umat agar mampu melihat nilai-nilai kebaikan yang diterima dalam hidup.

Hal ini dikatakannya dengan mengisahkan bahwa ada pengalaman umat Keuskupan Atambua dalam satu tahun belakangan sehubungan dengan penyakit covid-19 dan bencana Seroja.

“Dari satu pihak, semua orang merasa takut dan cemas. Ada juga kekuatiran yang mendalam dan keresahan yang mencekam. Akan tetapi dibalik semuanya itu ada situasi pembalikkan yang membahagiakan, yang mendamaikan melalui tangan-tangan kasih dan tidak semua pengalaman itu harus menyakitkan,” ujar Dosen Filsafat Seminari Tinggi Santo Mikhael Kupang ini.

Secara khusus, Uskup Domi menyentil bahwa ada hal istimewa yang dilihat, dipantau dan diperhatikan pada saat bencana Seroja terjadi.

“Saya melihat di tempat ini, di susteran SSpS Betun ini segala pertemuan, koordinasi dan perhatian terjadi. Lalu muncullah sosok-sosok yang memberikan atensi dan berinisiatif penuh untuk membantu memperluas pelayanan terutama di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Di akhir homilinya, mantan Socius TOR Loo Damian Atambua ini mengetengahkan, agar dalam setiap situasi hidup umat menyerahkan diri kepada Tuhan Yesus.

“Tuhan kita Yesus Kristus akan senantiasa memampukan memperkaya hidup kita untuk melihat nilai-nilai yang baik. Artinya kita diminta untuk menyerahkan diri secara total kepada Tuhan, sehingga semakin banyak orang yang mengalami kebaikan Tuhan dan kita pun hidup sesuai kehendak-Nya,” tutup Uskup.