Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba Minta Pimpinan OPD Proaktif Pertahankan Opini WTP

Penulis : Sipri Klau

BERITA, Daerah0 Dilihat

Oelamasi,jurnal-NTT.com – Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan NTT akan melaksanakan tugas pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang Tahun Anggaran 2023, terhitung mulai tanggal 16 April s/d 8 Mei 2024, bertempat di Kantor Bupati Kupang di Oelamasi.

Menandainya, maka digelar entry meeting sebagai awal dari pemeriksaan atas LKPD T.A.2023 pada Pemerintah Kabupaten Kupang, Senin (16/4/2024) bertempat di Ruang Rapat Bupati Kupang di Oelamasi.

Penjabat Bupati Alexon Lumba, S.H.,M.Hum menghadiri langsung kegiatan ini, didampingi Plt.Sekda Mesak Elfeto, Asisten 3 Novita Foenay, Plt.Asisten 1 Juhardi Selan, Pimpinan OPD, serta Tim pemeriksa dari BPK RI perwakilan NTT yang diketuai oleh Sofia Budiwati.

Pj.Bupati Kupang Alexon Lumba dalam sambutannya menekankan pimpinan Daerah Kabupaten Kupang untuk bersikap aktif dan mengikuti proses pemeriksaan BPK secara baik. Dirinya mengingatkan para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang untuk membangun koordinasi dan membantu tim pemeriksa dengan memberikan data dan hal-hal lain yang diminta.

“Bapak/ibu pimpinan OPD agar cepat respon dan tanggap terhadap apapun yang diminta oleh tim pemeriksa. Mengingat ada konsekuensi dari tenggat waktu pemeriksaan,” tandas Alexon.

Dilanjutkan Alexon agar semua pimpinan OPD bekerja keras dan berkolaborasi sehingga opini WTP yang dimiliki oleh Pemkab Kupang tahun lalu dapat di pertahankan saat ini. “Hargai waktu yang sudah ditetapkan oleh BPK. Dan apa yang sudah diperoleh oleh pemimpin kita terdahulu, dengan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan harus kita pertahankan. Jangan di masa saya yang hanya satu tahun, grade menurun,” kata dia.

Selain itu, ia inginkan penataan dan pembenahan aset dilakukan terus menerus dan hal-hal lain yang bersifat administrasi, Alexon Lumba pesankan agar segera dilengkapi.

Selanjutnya, Ketua Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan NTT, Sofia Budiwati pada kesempatan tersebut menerangkan tujuan dan sasaran pemeriksaan, serta tindak lanjut hasil pemeriksaan dan hal lainnya yang berhubungan dengan pemeriksaan LKPD Tahun 2023 pada Pemkab Kupang.

Dirinya berharap peran aktif dan dukungan semua OPD sehingga pemeriksaan BPK di Lingkup Pemkab Kupang bisa berjalan dengan baik dan lancar. “Kami melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bapa/ibu mempunyai kewajiban memenuhi kebutuhan pendataan yang diperlukan guna mendapatkan hasil pemeriksaan yang baik,” ungkapnya.

Sumber : Prokopim Serda Kabupaten Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *